News Trending
Diberdayakan oleh Blogger.

REIWA!! Era Baru Jepang

Reiwa!! Sebuah nama yang indah.
Inilah nama era baru di Jepang. Pemerintah Jepang mengumumkan nama era baru Reiwa menggantikan Heisei.

Dalam Bahasa Jepang disebut 令和時代 (Reiwa Jidai) atau Era Baru Reiwa. Secara etimologi, kanji Reiwa memiliki arti “Dekrit Damai” atau “Kedamaian lewat Keteraturan”. Kata “Reiwa” ini diambil dari puisi klasik Manyoshu yang berusia sekitar 1.200 tahun, yaitu dari kata Reigetsu (bulan keberuntungan). Puisi yang ditulis pujangga Otomo no Tobito dan menggambarkan awal
musim semi yang lembut. Dari puisi tersebut, terlahir kanji “Reiwa” yang memiliki makna Keteraturan dan Harmoni. Pemerintahan Jepang nantinya juga akan menjelaskan makna resmi dari kata tersebut, juga cara pelafalannya dalam bahasa Inggris.

Pejabat Kementerian Luar Negeri, Hiroatsu Satake, menjelaskan bahwa Reiwa memiliki makna “Harmoni yang Indah”. Satake juga mengatakan, Perdana Menteri Shinzo Abe telah menjelaskan bahwa Reiwa diambil dengan harapan setiap impian warga Jepang bisa mekar pada waktunya.

Abdikasi Akihito menorehkan sejarah di Jepang karena ini merupakan kali pertama seorang kaisar turun takhta dalam dua abad. Akihito sendiri selama ini sebenarnya tidak pernah terlalu tampil di hadapan publik. Selama berpuluh tahun, ia bekerja dari dalam rumah atau luar negeri, sembari menyembuhkan luka akibat Perang Dunia II.

Saat menginjak usia 83 tahun, Akihito akhirnya tampil di hadapan publik dan mengatakan bahwa ia takut tak dapat menyelesaikan tugasnya dengan baik karena kondisi kesehatannya setelah menjalani perawatan kanker prostat dan operasi jantung.

Jepang akhirnya mengumumkan bahwa Kaisar Akihito akan turun tahta pada akhir April mendatang. Pusara kekaisaran akan diserahkan kepada putranya, Pangeran Naruhito. Naruhito diperkirakan akan langsung dilantik pada 1 Mei 2019. Ketika Naruhito menerima pusaka kekaisaran, era Reiwa akan dimulai. Nantinya, era Reiwa ini akan efektif ketika Putra Mahkota Naruhito resmi duduk di Tahta Chrysantemum pada 1 Mei mendatang. Dia menggantikan ayahnya Kaisar Akihito yang menjadi kaisar pertama yang turun tahta dalam 200 tahun terakhir.


Source: CNN Indonesia, Wikipedia

Share This:

No Comment to " REIWA!! Era Baru Jepang "