News Trending
Diberdayakan oleh Blogger.

Seputar Kanji

Dalam belajar kanji, hal yang paling penting adalah memahami maknanya, kemudian baru cara membacanya. Sebelumnya Anda pasti sudah tahu perbedaan huruf Hiragana dan Katakana. Ya! Hiragana digunakan untuk kata-kata asli Jepang, sedang Katakana untuk kata-kata serapan dari luar Jepang. Kata yang menggunakan huruf hiragana pada umumnya mempunyai karakter kanji, sedangkan yang tidak memiliki karakter Kanji biasanya ditulis dengan Katakana..

Baiklah, mari kita tengok sedikit mengenai Kanji.
Sebagian besar Kanji sebenarnya berasal dari China. Huruf kanji (漢字) dibuat di China lebih dari 3000 tahun yang lalu. Mula-mula dari bentuk suatu benda kemudian dipresentasikan ke dalam bentuk tulisan sehingga bisa dibaca. Seperti beberapa contoh karakter huruf Kanji yang ada di bawah ini, karakter berangsur-angsur berubah ke bentuk yang lebih sederhana dan mudah di tulis. Sehingga menjadi huruf Kanji yang digunakan oleh orang Jepang sampai sekarang.




Kanji memiliki tiga bagian yang paling mendasar, yaitu bentuk, pengucapan dan arti. Setiap karakter Kanji ada yang mempunyai bentuk yang sangat sederhana seperti pada karakter Kanji Ichi ( 一 ) yang terdiri atas satu goresan saja. Ada juga yang mempunyai bentuk sangat kompleks hingga memiliki 20 sampai 30 goresan seperti pada karakter Kanji鸛Kōnotori ‘bangau’ yang terdiri atas 28 goresan. Hampir setiap karakter Kanji memiliki dua pengucapan, yaitu pengucapan China yang biasa disebut On Yomi (音読み) dan pengucapan Jepang yang biasa disebut Kun Yomi (訓読み), dan tiap-tiap bacaan memungkinkan memiliki banyak makna.

漢字 Kanji
訓読み KunYomi
音読み OnYomi
意味 Imi
はな
カ、ケ
Bunga
ひ、び、ほ
Api
い・きる、 い・ける、 う・まれる、Etc.
セイ、ショウ
Hidup, Lahir


生ける Ikeru + 花 Hana → 生け花 Ikebana  (Seni merangkai Bunga di Jepang)


Biasanya dalam penulisan Kanji, hiragana juga diikutsertakan (di bagian atas/bawah maupun sebagai ekor), yang ditulis di atas atau bawah biasa disebut dengan Furigana.

   
Lalu bagaimana cara membaca dan menulis serta pemakaian huruf-huruf Jepang ini?
Mari kita lihat contoh di bawah ini.. 
Hiragana : あの ひと は たかむらさん です。
Kanji : あの 人 は 高村さん です。
Kedua kalimat tersebut memiliki arti yang sama. Namun apabila ditulis seperti kalimat pertama, maka akan terlihat rancu dan terkadang malah membingungkan baik itu dari intonasinya atau dari maknanya, penulisan seperti ini biasa digunakan oleh anak-anak yang masih belajar Hiragana. Sedangkan penulisan seperti kalimat kedua adalah kalimat yang lazim dan pasti digunakan di Jepang. Selain itu, Jepang terkenal dengan negara yang memiliki banyak kesamaan bunyi pada kosakatanya (homofon). Misalnya はな, memiliki 2 arti yaitu bunga (花) dan hidung (鼻). Cara membedakannya bisa dilakukan dengan dua cara, yang pertama dilihat dari konteks kalimatnya, dan yang kedua adalah dilihat dari karakter Kanjinya. ^^

Itulah mengapa belajar Kanji sangatlah penting dan merupakan lauk pokok bagi orang yang mendalami Bahasa Jepang.

Berikut saya berikan beberapa contoh homofon dalam Bahasa Jepang.
Jiko 事故 Kecelakaan
Jiko 自己 Self, oneself

Kami  Kertas
Kami  Rambut
Kami  Tuhan, Dewa

Miru 見る Melihat
Miru 診る Memeriksa

Bagaimana kesan Anda setelah sekilas belajar tentang Kanji? Sangat menarik dan menantang bukan? ^^

Source: nc-indonesia

Share This:

Labels:

No Comment to " Seputar Kanji "